Obama: Kompromi dengan Partai Republik Masih Mungkin Dicapai

Presiden AS Barack Obama dalam pidato mingguannya (9/3) menyatakan masih optimis mencapai kompromi dengan faksi Republik di Kongres AS soal defisit anggaran (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama mengatakan ia telah mendekati kalangan Republik dan Demokrat untuk mencari cara-cara lebih cerdas guna mengurangi defisit anggaran.
Presiden Amerika Barack Obama menyatakan bisnis di Amerika telah menciptakan peluang kerja setiap bulan selama tiga tahun berturut-turut, mendekati 6,4 juta kesempatan kerja baru secara keseluruhan.

Presiden mengatakan dalam pidato mingguannya hari Sabtu bahwa tingkat pengangguran 7,7 persen masih terlalu tinggi, tetapi kini lebih rendah daripada waktu ia mulai menjabat.

Obama mengatakan ia telah mendekati kalangan Republik dan Demokrat untuk mencari cara-cara lebih cerdas guna mengembangkan perekonomian dan mengurangi defisit, sebagai alternatif dari pengurangan otomatis yang diberlakukan baru-baru ini.

Ia mengatakan dalam beberapa bulan mendatang akan ada lagi perdebatan sengit dan perbedaan pendapat, tetapi ia meyakini bahwa kompromi masih mungkin dicapai.

Senator Jeff Sessions, dari negara bagian Alabama, mengatakan dalam pidato partai Republik bahwa utang Amerika yang sangat besar memperlamban ekonomi dan menekan upah. Ia mengatakan pemerintah belum pernah sebesar dan lepas kendali seperti sekarang.