Pangeran Harry Angkat Bicara Soal Peran Ayah, Ratu dan Diana

  • Associated Press

Pangeran Harry dan Meghan Markle, Duke dan Duchess of Sussex, tiba di acara Invictus Games di Den Haag, Belanda, Jumat, 15 April 2022. (Foto: AP)

Pangeran Harry secara terbuka berbagi cerita tentang kehidupannya di rumah dan kunjungan mendadaknya baru-baru ini dengan Ratu Elizabeth II. Ia mengatakan dia dan istrinya, Meghan, minum teh bersama dengan ratu dan bercengkerama.

"Sangat menyenangkan bisa bertemu dengannya," kata Harry kepada acara "Today" NBC dalam sebuah wawancara yang ditayangkan pada Rabu (20/4). “Beliau dalam kondisi yang baik. Beliau selalu punya selera humor yang bagus dengan saya.”

Harry dan Meghan mengunjungi ratu di Kastil Windsor pada Kamis untuk kunjungan bersama pertama mereka ke Inggris sejak mereka melepaskan peran kerajaan secara formal dan pindah ke Amerika Serikat (AS) lebih dari dua tahun lalu.

Meghan, Duchess of Sussex, Pangeran Harry Inggris, Duke of Sussex dan Ratu Elizabeth II berpose di Istana Buckingham di London (Foto: via AFP)

Harry mengatakan bahwa, seperti banyak orang tua yang bekerja, dia dan istrinya merasa sulit untuk memisahkan pekerjaan dan mengasuh anak selama pandemi. Pasangan tersebut memiliki dua anak, yaitu Archie, yang hampir berusia 3 tahun, dan Lilibet yang berusia 10 bulan.

"Archie sering menginterupsi panggilan Zoom kami," katanya, seraya menambahkan bahwa meski demikian si sulung juga "terkesan mandiri, dan tentu itu hal yang baik."

Pasangan itu mengunjungi Ratu Elizabeth, nenek Harry yang berusia 95 tahun, dalam perjalanan ke Belanda untuk menghadiri Invictus Games. Harry adalah pendiri dan pelindung kompetisi olahraga internasional untuk veteran militer yang terluka.

BACA JUGA: Pangeran Harry, Meghan Kunjungi Ratu di Kastil Windsor

Harry mengatakan dia ingin kembali ke Inggris bersama anak-anaknya untuk merayakan ulang tahun platinum ratu yang akan datang, Namun menambahkan bahwa "masalah keamanan" bisa menghalangi rencana tersebut. “Saya belum tahu. Ada banyak hal, dengan masalah keamanan dan yang lainnya," kata Harry, seraya menambahkan bahwa dia akan berusaha untuk membawa anak-anaknya bertemu dengan ratu.

Harry menggugat pemerintah Inggris karena menolak membiarkan dia membayar polisi keamanannya sendiri dalam kunjungannya ke Inggris. Pengacaranya mengatakan Harry ingin membawa anak-anaknya mengunjungi negara asalnya, tetapi itu terlalu berisiko tanpa perlindungan polisi.

Harry dan Meghan, juga dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex, mengundurkan diri sebagai bangsawan pekerja senior dan pindah ke Santa Barbara, California, pada 2020, dengan alasan tekanan dan sikap rasis media Inggris.

Pangeran Harry dari Inggris menyapa ayahnya Pangeran Charles sebelum menghadiri pertemuan Ketenagakerjaan Pemimpin Bisnis di London timur 10 September 2014. (Foto: REUTERS/Neil Hall)

“Rumah bagi saya sekarang adalah – untuk saat ini – di Amerika Serikat,” katanya. “Kami disambut dengan tangan terbuka. Maksud saya terdapat komunitas yang hebat di Santa Barbara.”

Dia berkata bahwa dia menikmati peran sebagai ayah: "Saya selalu ingin memiliki anak sendiri, dan sekarang saya memiliki dua orang kecil yang menjadi tanggung jawab saya."

Dia juga mengatakan bahwa dia semakin memikirkan mendiang ibunya: ”Saya merasakan kehadirannya di hampir semua hal yang saya lakukan sekarang. Namun lebih dari sebelumnya dalam dua tahun terakhir.” [ah/rs]