Pasukan Somalia Rebut Pelabuhan dari al-Shabab

Dua tentara Somalia siaga dengan senjata mesin di atas kendaraan militer (foto: dok). Pasukan Somalia berhasil merebut pelabuhan Barawe dari Al-Shabab.

Pelabuhan Barawe yang terletak di selatan ibukota Mogadishu itu telah dikuasai oleh kelompok militan al-Shabab sejak 2008.

Para pejabat Somalia mengatakan sekitar 1.000 pasukan Somalia dan penjaga perdamaian Afrika telah merebut kembali pelabuhan Barawe di bagian selatan, pelabuhan besar terakhir yang dikuasai oleh pejuang Islam al-Shabab.

Pelabuhan yang terletak 240 kilometer sebelah selatan ibukota Mogadishu itu telah dikuasai oleh al-Shabab sejak 2008.

Para pemberontak menguasai pelabuhan untuk mengekspor arang senilai 25 juta dolar per tahun ke negara-negara Teluk Persia yang mereka gunakan untuk membiayai perjuangan mereka melawan pemerintah yang didukung internasional.

Pejabat militer Somalia Abdi Mire mengatakan pasukan pemerintah Minggu "menguasai sepenuhnya" Barawe dan milisi al-Shabab "tidak mampu melawan" dan melarikan diri.

Kekalahan al-Shabab di Barawe itu terjadi hanya sebulan setelah pemimpin tertinggi al-Shabab, Ahmed Abdi Godane, tewas dalam serangan pesawat tak berawak dan udara Amerika.