Pejabat Keamanan AS, China, Bahas Hubungan Pertahanan

Seseorang memegang bendera AS dan China di New York, AS, 12 Februari 2021. Pentagon urusan Asia telah membahas hubungan pertahanan AS-China dengan seorang pejabat kementerian luar negeri China. (Foto: REUTERS/Carlo Allegri)

Departemen Pertahanan AS pada Rabu (2/8) mengatakan pejabat tinggi Pentagon urusan Asia telah membahas hubungan pertahanan AS-China dan isu-isu keamanan regional dengan seorang pejabat Kementerian Luar Negeri China.

Pembicaraan antara Ely Ratner, asisten Menteri Pertahanan AS urusan Keamanan Indo-Pasifik, dan Yang Tao, Direktur Departemen urusan Amerika Utara dan Oseania di Kementerian Luar Negeri China, berlangsung beberapa hari setelah Ratner dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengakhiri lawatan yang berfokus pada penguatan hubungan pertahanan dengan Australia dan Papua Nugini serta memajukan “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

Juru bicara Pentagon Letkol Martin Meiners mengemukakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu bahwa Ratner “juga menekankan komitmen terus menerus Departemen untuk mempertahankan jalur komunikasi militer-ke-militer yang terbuka” antara AS dan China dalam pembicaraannya dengan Yang.

BACA JUGA: AS Secara Resmi Mengundang Menlu China yang Baru ke Washington

Para pejabat AS telah berbicara mengenai perlunya komunikasi AS-China sebagai cara menghindari konflik.

Austin mengatakan dalam forum keamanan Asia pada Juni lalu bahwa komunikasi semacam itu penting untuk mencegah salah perhitungan.

Menteri Pertahanan Nasional China Li Shangfu menolak permintaan Austin untuk bertemu dalam KTT itu, dan kedua pejabat pertahanan itu hanya berjabatan tangan tanpa “dialog substantif,” kata Pentagon. [uh/ab]