Pakistan, Inggris Tak Besar-Besarkan Pertikaian soal Teror

PM Inggris David Cameron menjadi tuan rumah pembicaraan dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di Chequers, luar kota London.

Pemimpin Inggris dan Pakistan berjanji akan bersama-sama memerangi terorisme, satu pekan setelah Perdana Menteri Inggris David Cameron menyatakan Islamabad mengekspor kekerasan maut.

Perdana menteri Cameron menjadi tuan rumah pembicaraan dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di Chequers, tempat peristirahatannya di luar kota London.

Cameron mengatakan mereka berbicara mengenai apa yang ia sebut sebagai hubungan kedua negara yang tidak terputuskan.

Ia juga mengatakan perlindungan terhadap warganegara Inggris merupakan prioritas di dalam negeri dan di Afghanistan, di mana pasukan Inggris merupakan bagian dari kontingen NATO. Cameron mengemukakan pemerintahnya akan berusaha meningkatkan kemitraan dengan Pakistan.

Presiden Zardari bersikap sama positifnya, dengan menyebut hubungan Pakistan-Inggris sebagai persahabatan yang tidak akan pernah putus.

Pembicaraan ini merupakan yang pertama sejak Cameron mengatakan di India pekan lalu bahwa Islamabad mendorong ekspor teror karena tidak cukup banyak bertindak mengatasi kelompok-kelompok teroris di Pakistan yang mengancam India, Afghanistan dan negara-negara lain.