Pemimpin Tertinggi: Pemerintah Iran akan Putuskan Respons Serangan Israel

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei berbicara dalam pertemuan dengan presiden dan kabinetnya di Teheran, 27 Agustus 2024. (Foto: AFP)

Khamenei menegaskan bahwa kekuatan Iran perlu ditunjukkan kepada Israel.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyatakan bahwa para pejabat Iran perlu menentukan langkah paling efektif untuk menunjukkan kekuatan Iran kepada Israel setelah serangan Israel dua malam lalu, demikian laporan kantor berita IRNA pada Minggu (27/10).

"Kejahatan yang dilakukan oleh rezim Zionis (Israel) dua malam lalu tidak boleh diremehkan atau dibesar-besarkan,” menurut laporan IRNA mengutip pernyataan Khamenei.

Iran pada Sabtu (26/10) menyepelekan serangan udara Israel semalam terhadap target militernya, menyebutnya hanya menimbulkan kerusakan terbatas. Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden meminta dihentikannya eskalasi yang memicu kekhawatiran akan munculnya konflik besar di Timur Tengah.

Militer Israel melaporkan bahwa puluhan jetnya melancarkan tiga gelombang serangan sebelum fajar, menargetkan pabrik rudal dan lokasi lainnya di dekat Teheran serta wilayah barat Iran.

Khamenei menegaskan bahwa kekuatan Iran perlu ditunjukkan kepada Israel, seraya menambahkan bahwa cara pelaksanaannya “harus diserahkan kepada pemerintah dan dilakukan sesuai dengan kepentingan terbaik rakyat serta negara”. [ah/gg]