Pendukung Hak Aborsi Berdemonstrasi di Amerika

Senator AS Amy Klobuchar berbicara pada protes para pendukung hak aborsi di depan kantor Mahkamah Agung AS, Selasa (21/5).

Puluhan demonstran yang mendukung hak-hak aborsi hari Selasa (21/5) berdemonstrasi di seluruh Amerika, termasuk di luar Mahkamah Agung di Washington.

Demonstrasi ini menarget serangkaian undang-undang anti aborsi yang diadopsi oleh badan legislatif negara bagian konservatif baru-baru ini. Undang-undang baru itu telah memberlakukan serangkaian pembatasan, seringkali membatasi aborsi pada beberapa minggu pertama kehamilan seorang perempuan dan kadang-kadang sebelum seorang perempuan tahu bahwa ia hamil.

Demonstrasi “StopTheBans” ini disponsori oleh American Civil Liberties Union dan NARAL Pro-Choice America, Planned Parenthood Action Fund dan sejumlah kelompok hak-hak aborsi lainnya.

“Di seluruh Amerika, kami melihat gelombang baru larangan aborsi yang ekstrem, yang menghilangkan kebebasan reproduksi dan menunjukkan serangan habis-habisan terhadap akses melakukan aborsi,” demikian pernyataan kelompok-kelompok itu.

Mereka menggambarkan undang-undang baru yang diadopsi atau menuju diberlakukannya undang-undang itu di Mississippi, Alabama, Ohio, Missouri dan di tempat-tempat lain itu sebagai “gerakan anti pilihan Presiden Donald Trump… dan itu menakutkan, terutama bagi perempuan kulit berwarna dan perempuan berpenghasilan rendah yang paling terkena dampak larangan ini.” (em)