Persiapan Kalau Kesehatan Terganggu, Paus Tulis Surat Pengunduran Diri

Paus Fransiskus memberikan khotbah umum mingguan di Vatikan (foto: dok).

Paus Fransiskus mengungkapkan dalam wawancara yang terbit Minggu (18/12) bahwa tak lama setelah terpilih sebagai paus pada 2013, dia menulis surat pengunduran diri. Itu persiapan apabila masalah medis menghalanginya untuk menjalankan tugas.

Berbicara kepada surat kabar Spanyol, ABC, Paus mengatakan, dia memberikan catatan itu kepada Kardinal Tarcisio Bertone, yang kala itu menjabat menteri luar negeri Vatikan. Fransiskus menambahkan, ia memperkirakan bahwa prelatus, orang nomor 2 di Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, kini menyimpan instruksi tertulis tersebut.

BACA JUGA: Paus Serukan Natal yang Sederhana dan Sumbang Ukraina

Fransiskus, yang pada Sabtu lalu berulangtahun ke-86, menjalani operasi pada 2021 untuk memperbaiki penyempitan usus, tertatih-tatih akibat nyeri lutut yang selama berbulan-bulan membuatnya menggunakan kursi roda. Akhir-akhir ini, dia semakin sering menggunakan tongkat daripada kursi roda untuk bepergian di tempat umum.

Ditanya apa yang akan dilakukannya jika masalah kesehatan atau kecelakaan mendadak membuatnya tidak bisa melakukan tugas, dan apakah harus ada aturan dalam situasi seperti itu, Fransiskus menjawab, "Dalam praktiknya sudah ada aturan."

"Saya telah menandatangani pengunduran diri," kata Fransiskus. Ia menambahkan bahwa dia melakukan itu pada awal kepausan, dan ia yakin Bertone akan meneruskan surat itu kepada menteri luar negeri saat ini, Parolin.[ka/lt]