Polisi India Gagalkan Usaha Bakar Diri Pengungsi Tibet

Warga Tibet di pengasingan meneriakkan slogan saat menggelar peringatan pergolakan menentang pemerintahan China di Tibet tahun 1959 yang gagal, di Dharmsala, India (10/3). Polisi India berhasil menggagalkan upaya bunuh diri seorang warga Tibet, Dawa Dhondup yang ikut bergabung dalam peringatan ini.

Polisi di India berhasil menggagalkan upaya Dawa Dhondup, seorang laki-laki Tibet dari usaha membakar diri di kota Dharmsala (10/3).
Polisi di India mengatakan mereka menggagalkan upaya seorang laki-laki Tibet membakar diri, sementara ratusan orang Tibet di pengasingan berkumpul dalam peringatan pergolakan yang gagal terhadap kekuasaan China 10 Maret 1959.

Seorang agen polisi mengatakan Dawa Dhondup sedang melakukan reli bersama ratusan orang Tibet di pengasingan di jalan raya kota Dharmsala, pusat pemerintahan Tibet di pengasingan. Dawa kemudian meminum dan menyiramkan bensin ke tubuhnya, dan polisi lalu menggagalkan upaya bakar diri itu dan membawanya ke rumah sakit.

Lebih dari 100 aksi bakar diri telah dilaporkan di kawasan Sichuan, Qinghai dan Gansu di Tibet sejak 2009. Para demonstran menuntut kembalinya Dalai Lama.