Polisi Mesir Bentrok dengan Pendukung Morsi, 2 Tewas

Polisi Mesir dalam konflik dengan pendukung presiden terguling Mohamed Morsi di Kairo, 27 Desember 2013. (AP/Mostafa Darwish)

Kedua pihak saling menuduh telah memprovokasi kekerasan di kota Iskandariah, dan bentrokan juga terjadi Kairo dan kota asal Morsi Zagazig.
Dua orang tewas Rabu (1/1) dalam bentrokan antara polisi Mesir dan mahasiswa pendukung presiden yang digulingkan Mohamed Morsi.

Kedua pihak saling menuduh telah memprovokasi kekerasan di kota Iskandariah. Bentrokan juga dilaporkan hari yang sama di Kairo dan kota asal Morsi Zagazig.

Pemerintah sementara Mesir pekan lalu menyatakan kelompok Ikhwanul Muslim, yang pro-Islamis dan mendukung Morsi, adalah organisasi teroris.

Mantan presiden itu dan sejumlah tokoh Ikhwanul menghadapi peradilan atas banyak tuduhan, termasuk menghasut kekerasan yang mengakibatkan kematian para demonstran.

Militer Mesir menggulingkan Morsi Juli. Referendum mengenai konstitusi baru akan diadakan nanti bulan ini. Pemilu legislatif baru dan pemilihan presiden diperkirakan akan diadakan tahun ini.