Presiden Korsel di Rusia untuk Tingkatkan Hubungan Ekonomi

  • Associated Press

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memeriksa pasukan kehormatan saat tiba di Bandara Vnukovo, Moskow, Rusia, 21 Juni 2018. Presiden Moon bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin hari ini, Jumat, 22 Juni 2018.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berada di Moskow dalam kunjungan kenegaraan untuk meningkatkan hubungan ekonomi bilateral.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut Moon, Jumat (22/6/2018), dalam upacara di Kremlin, sebelum melakukan pembicaraan.

Pada awal perundingan, Putin menegaskan bahwa Korea Selatan adalah salah satu mitra utama Rusia di kawasan dan menyatakan harapan perdagangan antara kedua negara akan berkembang. Ia menyatakan tekad Moskow untuk berupaya membantu menyelesaikan ketegangan terkait Korea Utara.

Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Igor Morgulov mengatakan kedua presiden siap membahas sejumlah proyek ekonomi trilateral prospektif yang melibatkan Rusia dan kedua Korea.

Moskow telah mengusulkan pembangunan rel kereta api dan jaringan pipa gas alam yang menghubungkan Rusia dan kedua Korea, dengan alasan hal tersebut dapat membantu memajukan perdamaian dan stabilitas. [uh]