Presiden Perancis Temui Presiden Rusia Bahas Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, dan Presiden Perancis Francois Hollande bertemu di bandara Moskow Vnukovo, Sabtu, 6 Desember 2014.

Presiden Perancis Francois Hollande bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas krisis di Ukraina dan menjadi salah satu pemimpin Barat pertama yang mengunjungi Putin sejak pencaplokan Krimea.

Hollande bertemu Putin hari Sabtu (6/12) di bandara Moskow dalam perhentian mendadak dalam perjalanan pulang ke Paris dari Kazakhstan.

Dalam pernyataan terpisah setelah pertemuan itu, masing-masing pemimpin berharap sebuah gencatan senjata akan diberlakukan di Ukraina timur dalam beberapa hari mendatang.

Hubungan Rusia dan Barat tegang karena Rusia dituduh membantu separatis pro-Rusia di Ukraina timur. Dalam pidato kenegaraannya hari Kamis, Putin menuduh Barat memprovokasi krisis di Ukrina dan menggunakan sanksi-sanksi untuk berupaya menekan pengaruh Rusia.

Ukraina mengumumkan akan melakukan perundingan tahap baru dengan separatis Selasa depan guna menyelamatkan gencatan senjata yang dicapai September lalu.