Sebagian Besar Wilayah AS Capai Rekor Suhu Terendah

Seorang pengemudi di Boston, Massachusetts harus membersihkan salju yang mengubur mobilnya pasca hantaman badai, 3 Januari 2013 (Foto: dok).

Penduduk di sebagian besar wilayah Amerika Serikat sedang menghadapi cuaca dingin yang belum pernah dialami dalam 20 tahun ini.
Dinas Cuaca Nasional menyebut massa udara yang menyapu berbagai kawasan negara ini dinginnya sangat membahayakan, dan telah mengeluarkan peringatan mengenai angin dingin membeku untuk hari Senin ini (6/1) yang membentang dari North Dakota ke New York di bagian utara, dan hingga ke Alabama di bagian selatan.

Carl Erickson, pakar cuaca AccuWeather, mengatakan kepada VOA bahwa angin dingin di sebagian besar kota di Pantai Timur Amerika dapat mencapai 20 hingga 30 derajat di bawah nol Celsius, sementara di tempat-tempat seperti di Montana dan North Dakota, angkanya dapat mencapai minus 50 derajat Celsius.

Salju dingin yang baru turun dan mencapai ketinggian lebih dari 30 sentimeter di beberapa tempat di kawasan Tengah Barat telah membuat kondisi berbahaya untuk melakukan perjalanan, membuat sekolah-sekolah tutup dan maskapai-maskapai penerbangan membatalkan ribuan penerbangan.