Sekjen PBB Ingin Penyelidikan Independen Insiden Gaza

Ban Ki-moon masih menghendaki panitia internasional untuk menyelidiki penggrebekan maut oleh Israel itu.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan ia menyambut baik keputusan Israel untuk melonggarkan blokade Gaza tetapi masih menghendaki panitia internasional untuk menyelidiki penggrebekan maut oleh Israel di sebuah kapal bantuan yang menuju Gaza.

Dalam keterangannya hari Jumat, Ban mengatakan ia menyerukan pembentukan panitia yang akan dibawahi pihak ketiga tetapi akan mencakup keikutsertaan aktif Israel dan Turki. Ia mendesak Israel agar menerima penyelidikan yang kredibel dan transparan yang memenuhi standar internasional.

Tetapi, Israel telah membentuk komisi-nya sendiri untuk menyelidiki penggrebekan oleh pasukan komando yang menewaskan 9 orang aktivis pro-Palestina. Delapan dari aktivis itu adalah warga Turki.

Hari Kamis, Israel mengumumkan pihaknya akan melonggarkan blokade Gaza untuk mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah Palestina yang dikuasai Hamas itu.

Sementara itu, dutabesar Israel di PBB mengatakan negaranya mempunyai hak menggunakan “apapun yang perlu” untuk mencegah kapal melanggar blokade Gaza.