Serangan Udara AS di Somalia Tewaskan Lima Militan Al-Shabab

Pasukan keamanan Somalia memeriksa mayat militan Al-Shabab yang tewas dalam serangan udara AS (foto: dok).

Komando militer AS di Afrika (AFRICOM) mengatakan, pihaknya melakukan serangan udara di Somalia tengah, menewaskan lima militan al-Shabab.

Dalam pernyataan pers hari Kamis, AFRICOM mengatakan serangan udara "pertahanan diri bersama" itu dilancarkan pada 19 Juli di daerah terpencil dekat Hareeri Kalle, sekitar 15 kilometer selatan Galcad.

AFRICOM mengatakan, serangan itu untuk membantu pasukan Tentara Nasional Somalia yang sedang memerangi al-Shabab. Serangan dilakukan atas permintaan pemerintah federal Somalia, tambah pernyataan itu.

BACA JUGA: Tujuh Tewas dalam Serangan di Kamp Pelatihan Militer Somalia

Pemerintah Somalia sudah memerangi gerilyawan al-Shabab sejak 2006. Kelompok itu disingkirkan dari kota-kota besar, namun terus menguasai wilayah yang luas di pedesaan.

Pada bulan Agustus tahun lalu, tentara Somalia didukung oleh pejuang lokal yang bergerak sendiri, melancarkan serangan militer dan merebut bagian-bagian Somalia tengah dari kelompok militan tersebut.

Militan membalasnya dengan menyerbu pangkalan militer dan menyebabkan kerugian besar pada pasukan pemerintah di wilayah selatan dan tengah.

Sementara itu, Hussein Sheikh-Ali, penasihat keamanan nasional untuk Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud mengatakan kepada VOA pekan ini, pemerintah Somalia berharap memperoleh bantuan keuangan untuk tentara Somalia pada bulan Desember, ketika konferensi penggalangan dana diadakan di New York. [ps/ka]