Serangan Udara di Suriah Utara, 9 Tewas

Seorang anggota Pertahanan Sipil Suriah, yg dikenal sebagai Helm Putih, berdiri di depan bangunan yang rusak berat akibat serangan udara oleh pasukan rezim di kota Idlib, 12 Juli 2019. (Foto: dok)

Sejumlah petugas medis dan sebuah badan pemantau Suriah mengatakan, sedikitnya sembilan orang tewas akibat serangan udara pasukan pemerintah Suriah terhadap kawasan permukiman di provinsi Idlib.

Kelompok pertahanan sipil yang disebut Helm Putih mengatakan, 15 orang lainnya cedera dalam serangan yang diarahkan ke sebuah pasar di desa Maarshourin itu.

Sejumlah aktivis oposisi dan kelompok Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris juga melaporkan serangan maut yang terjadi Selasa itu.

Observatory, yang memonitor perang saudara di Suriah melalui jaringan aktivis di Suriah, mengatakan, 10 warga sipil, termasuk tiga anak, tewas akibat serangan itu.

Idlib merupakan kubu pertahanan besar pemberontak terakhir dalam perang saudara yang telah berlangsung delapan tahun di Suriah. Pasukan pmerintah yang didukung Rusia gagal menerobos masuk kawasan itu dalam beberapa bulan terakhir. [ab/uh]