Taliban Rebut Sedikitnya 12 Distrik di Afghanistan

Konvoi kendaraan lapis baja Pasukan Komando Afghan menuju ke garis depan di Distrik Ghorband, Provinsi Parwan, Afghanistan, 29 Juni 2021. (Foto: Omar Sobhani/Reuters)

Para pemberontak Taliban terus merebut banyak wilayah di Afghanistan, sementara Amerika Serikat (AS) mengatakan sisa pasukannya diperkirakan akan mundur dari negara yang dikoyak perang itu sebelum akhir Agustus.

Beberapa sumber-sumber Afghanistan pada Sabtu (3/7) mengatakan Taliban telah menekan pasukan pro-pemerintah untuk mundur dari sedikitnya 12 distrik di Provinsi Badakhshan dan Takhar dalam 24 jam belakangan.

Pasukan pro-pemerintah di banyak wilayah dikabarkan menyerah dan meninggalkan wilayah tanpa memberikan perlawanan kepada Taliban.

Menurut media resmi negara di Asia Tengah itu, lebih dari 300 tentara perbatasan Afghanistan melarikan diri dari pertempuran di Badakhshan dengan mengungsi ke Tajikistan.

Personel Afghanistan diperbolehkan masuk ke wilayah Tajik "sesuai prinsip-prinsip kemanusiaan dan keramahtamahan," tambah laporan itu.

Pekan lalu, berbagai bentrokan intensif dengan para pejuang Taliban juga memicu banyak tentara Afghanistan untuk lari ke Tajikistan. [vm/ft]