Trump akan Berbicara Setiap Hari pada Konvensi Nasional Partai Republik

Presiden Donald Trump saat rapat umum kampanye di Mariotti Building Products, Kamis, 20 Agustus 2020, di Old Forge. (Foto: AP/John Minchillo)

Konvensi Nasional Partai Republik AS dimulai pada hari Senin (24/8). Para pendukung partai siap mencalonkan kembali Presiden Donald Trump untuk masa jabatan kedua di Gedung Putih. Sementara itu Trump sendiri akan berbicara selama empat hari berturut-turut dalam konvensi itu, untuk mengemukakan serangannya terhadap pesaingnya dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Pekan lalu, Partai Demokrat menominasikan mantan wakil presiden itu sebagai calon presiden mereka dalam konvensi yang berlangsung secara virtual, karena khawatir mengenai pertemuan dalam jumlah besar pada masa pandemi virus corona.

Partai Republik menggelar skenario berbeda. Hari Senin (24/8) mereka bertemu di Charlotte, negara bagian North Carolina. Presiden Trump tiba di Charlotte Senin siang (24/8), sewaktu para delegasi resmi menominasikannya sebagai calon presiden partai Republik. Mulai Selasa hingga Kamis, sebagian besar kegiatan akan berlangsung di Washington. Trump berencana menyampaikan pidato penerimaan pencalonannya di Halaman Selatan Gedung Putih pada malam terakhir konvensi, yang ditutup dengan pesta kembang api.​

BACA JUGA: Trump Mulai Kampanye Pilpres di Dekat Kota Kelahiran Biden

Para delegasi di Charlotte akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan tes Covid-19 setiap hari. Semua delegasi wajib dites sebelum meninggalkan negara bagian asal mereka, dan sepanjang konvensi mereka akan mengenakan peralatan yang memungkinkan pelacakan kontak.

Pada hari Minggu (23/8), barikade-barikade didirikan untuk memblokade kawasan sekitar Charlotte Convention Center, sewaktu 336 delegasi mengadakan pertemuan di hotel Westin di dekatnya.

Pertemuan Partai Republik ini telah dikurangi skalanya, tidak sebesar pertemuan Partai Demokrat. Dalam kedua konvensi ini, tidak ada lagi ribuan delegasi yang memadati arena dan stadion pada konvensi empat tahun sekali seperti pada tahun-tahun sebelumnya. [uh/ab]