Uni Eropa Tawarkan Dukungan bagi Perdamaian Israel-Palestina

Pertemuan para Menteri Luar Negeri Uni Eropa di Brussels (foto: dok). Uni Eropa akan menawarkan kemitraan istimewa kepada Israel dan Palestina jika tercapai perdamaian.

Jika tercapai perjanjian perdamaian akhir, Uni Eropa akan menawarkan kemitraan istimewa kepada Israel dan Palestina.
Para menteri luar negeri Uni Eropa hari Senin (16/12) menjanjikan dukungan politik, finansial, dan keamanan yang tidak pernah terjadi sebelumnya untuk Israel dan Palestina jika mereka mencapai perjanjian perdamaian.

Jika tercapai perjanjian perdamaian akhir, blok perdagangan beranggota 28 negara itu akan menawarkan kemitraan istimewa kepada Israel dan Palestina.

Itu berarti peningkatan akses ke pasar Eropa, fasilitasi perdagangan dan investasi, hubungan budaya dan sains yang lebih erat, dan peningkatan hubungan bisnis ke bisnis. Ditambahkan, dialog dan kerja sama dalam keamanan juga akan dapat dijalin.

Dalam pertemuan di Brussels, para menteri luar negeri Uni Eropa menyatakan kesediaan Uni Eropa memberikan sumbangan substansial untuk mewujudkan penyelesaian yang adil dan lestari atas konflik antara Israel dan Palestina.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry berusaha memediasi perjanjian perdamaian Timur Tengah, dan pekan lalu mengajukan rencana keamanan baru Amerika kepada pemimpin Israel dan Palestina.

Dalam pernyataan tertulis, para menteri Uni Eropa juga memuji upaya tak kenal lelah Menlu AS John Kerry.