Zelenskyy: Lebih dari 100 Pertempuran dengan Rusia Terjadi sejak Senin

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa “lebih dari seratus pertempuran” telah terjadi sejak Senin (16/9) pagi “dengan pertempuran paling sengit di tempat menuju Kurakhove dan Pokrovsk.”

Presiden Ukraina itu menambahkan, “Kami mempertahankan posisi kami. Kami juga meninjau operasi di Kursk secara terperinci, dan setiap hari kami bertindak tepat seperti yang direncanakan.”

Zelenskyy juga berbicara tentang “laporan mendalam dari dinas intelijen Ukraina tentang situasi di jajaran tentara pendudukan, situasi di wilayah Rusia,” dan menambahkan bahwa “persepsi perang di Rusia memburuk, seperti halnya pandangan publik tentang hasil kebijakan Putin.”

BACA JUGA: Zelenskyy Kembali Desak Barat untuk Izinkan Serangan Jauh ke Wilayah Rusia

“Kami berupaya memastikan bahwa realitas pada akhirnya mengalahkan propaganda negara Rusia,” katanya dalam pidato malam harinya.

Selama akhir pekan, Ukraina mengajukan seruan baru kepada negara-negara Barat agar mengizinkannya menyerang lebih dalam ke wilayah Rusia setelah pertemuan antara pemimpin AS dan Inggris sehari sebelumnya tidak menghasilkan perubahan nyata dalam kebijakan mereka tentang penggunaan senjata jarak jauh. [lt/uh]