Tautan-tautan Akses

Kamp Pengungsi Gaza yang Padat Dihantam 3 Serangan Israel


Orang-orang Palestina berjalan melewati bangunan yang hancur akibat serangan Israel di kamp pengungsi Jabaliya di Jalur Gaza, Kamis, 29 Februari 2024. (Foto: AP Photo/Mahmoud Essa)
Orang-orang Palestina berjalan melewati bangunan yang hancur akibat serangan Israel di kamp pengungsi Jabaliya di Jalur Gaza, Kamis, 29 Februari 2024. (Foto: AP Photo/Mahmoud Essa)

Tiga serangan udara di kamp pengungsi Jabaliya yang padat di Gaza utara pada Rabu (26/6) menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai beberapa lainnya, menurut direktur rumah sakit.

Dua ambulans tiba di salah satu lokasi serangan di lingkungan Al Jurn di mana puluhan laki-laki dan anak laki-laki tampak mencari korban. Setidaknya empat mayat ditemukan.

Dalam serangan lainnya, 14 orang lainnya juga tewas.

Para korban dibawa ke Rumah Sakit Kamal Edwan. Direktur RS Kamal, Dr. Hosam Abu Safiya, mengatakan terdapat perempuan dan anak-anak di antara korban tewas. Ia tidak memerinci lebih lanjut.

Issam Juneid, yang tinggal di dekat tempat salah satu serangan terjadi, mengatakan "Kami sedang duduk di rumah dan mendengar ledakan di dekat kami. Kami keluar dan melihat potongan-potongan tubuh dan korban tewas. Sekelompok warga sipil yang tidak ada kaitan dengan militer menjadi sasaran. Beberapa orang masih hilang dan belum ditemukan.”

Awal bulan ini, pasukan Israel menarik diri dari kamp Jabaliya di Gaza utara setelah berminggu-minggu pertempuran dengan Hamas dan kelompok militan Palestina lainnya. Petugas pertolongan pertama telah menemukan 360 mayat, sebagian besar perempuan dan anak-anak, yang tewas dalam pertempuran tersebut.

Organisasi-organisasi kemanusiaan telah berjuang untuk mengakses Gaza utara, yang telah mengalami kehancuran luas. Wilayah itu telah dikepung dan sebagian besar diisolasi pasukan Israel sejak hari-hari awal invasi darat.

Israel melancarkan perang di Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, di mana militan menyerbu Israel selatan, menewaskan sekitar 1.200 orang – sebagian besar warga sipil – dan menculik sekitar 250 orang. Sejak itu, serangan darat dan pemboman Israel telah menewaskan lebih dari 37.600 orang di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan di wilayah tersebut, yang tidak membedakan antara kombatan dan warga sipil dalam perhitungannya. [ka/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG