Tautan-tautan Akses

Korut Kemungkinan Tidak Ingin Menjalin Hubungan dengan AS Terlepas Siapa pun Presiden Baru Nanti


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) bertemu dengan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Aleksey Krivoruchko di markas Komite Pusat Partai Buruh Korea Utara pada 18 Juli 2024. (Foto: KCNA via KNS/AFP)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) bertemu dengan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Aleksey Krivoruchko di markas Komite Pusat Partai Buruh Korea Utara pada 18 Juli 2024. (Foto: KCNA via KNS/AFP)

Semakin luasnya hubungan Korea Utara dengan Rusia membuat kemungkinan keterlibatan kembali dengan AS menjadi kurang menarik bagi Pyongyang meskipun ada tawaran jelas dari calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, kata para analis.

Delegasi dari kantor kejaksaan Rusia menyelesaikan kunjungan selama tiga hari ke Pyongyang dan pulang pada Rabu (24/7), kata KCNA yang dikelola pemerintah Korea Utara.

Jaksa Agung Igor Krasnov, ketua delegasi, dan Kim Chol Won, direktur Kantor Kejaksaan Pusat Korea Utara, menandatangani perjanjian pada hari Senin (22/7) untuk bekerja sama dalam penegakan hukum melawan pengaruh asing.

Krasnov mengatakan kedua negara “secara aktif mengembangkan kemitraan komprehensif mereka” dalam “secara terbuka dan berhasil melawan upaya memaksakan model dan nilai-nilai pembangunan asing pada kita,” menurut kantor berita Rusia Tass.

Krasnov mengatakan Moskow dan Pyongyang berupaya mengonsolidasikan upaya mereka dalam melawan “kejahatan di bidang teknologi informasi dan komunikasi” dan bidang-bidang lainnya.

Hubungan antara keduanya telah berkembang pesat di berbagai bidang sejak Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Pyongyang pada bulan Juni dan menandatangani perjanjian pertahanan bersama dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang menjanjikan kerja sama militer yang lebih erat.

Hubungan Rusia-Korea Utara

“Kim Jong Un mungkin melihat lebih sedikit kebutuhan untuk menjalin hubungan dengan AS dibandingkan tahun 2018 karena rezim tersebut sekarang mendapatkan keuntungan ekonomi dan mungkin militer dari Rusia,” kata Bruce Klingner, peneliti senior Asia Timur Laut di Heritage Foundation.

Korea Utara mengatakan, “Kami tidak peduli” bahwa “pemerintahan mana pun yang akan berkuasa di AS” atau bahwa Trump “memiliki keinginan yang masih ada terhadap prospek hubungan Korea Utara-AS,” kata KCNA pada Selasa (23/7).

Pernyataan itu dikeluarkan setelah Trump mengatakan pekan lalu dalam pidato penerimaan nominasi presiden di Konvensi Nasional Republik bahwa dia “berhubungan baik dengan Kim” dan berpikir Kim ingin dia memenangkan pemilihan presiden pada bulan November.

Selama masa jabatannya, diplomasi pribadi Trump dengan Kim menghasilkan pertemuan puncak pertama mereka pada tahun 2018 di Singapura, pertemuan puncak tahun 2019 yang gagal di Hanoi, dan pertemuan terakhir di perbatasan antar-Korea pada tahun 2019.

Namun keterlibatan itu terjadi sebelum Kim memiliki Putin di sisinya, menurut Andrew Yeo, Ketua Kajian Korea di Brookings Institution. “Insentif bagi Kim untuk terlibat dengan AS berkurang karena sekarang Rusia dan China mendukungnya,” kata Yeo.

“Meskipun demikian, Kim adalah seorang oportunis jadi saya tidak akan mengesampingkan kemungkinan Kim akan menghubungi Trump suatu saat nanti jika Trump terpilih kembali,” tambah Yeo.

Sedikit Insentif untuk Lakukan Pembicaraan

Melalui KCNA, Korea Utara juga mengatakan, “Memang benar bahwa Trump, ketika dia menjadi presiden, berusaha untuk mencerminkan hubungan pribadi khusus antara kepala negara dalam hubungan antar negara, namun dia tidak membawa perubahan positif yang substansial.”

“Pernyataan tersebut mencerminkan bahwa Kim merasa terhina ketika Trump meninggalkan KTT Hanoi daripada melanjutkan negosiasi, dan pilihan strategis yang diambil Kim sejak tahun 2019 – menunjukkan bahwa ia telah mengabaikan kepentingan lama Korea Utara dalam menormalisasi hubungan dengan AS,” kata Robert Manning, peneliti senior di Stimson Center.

“Jika Trump menang, dia mungkin tergoda untuk mencoba menghidupkan kembali perundingan nuklir dengan Kim, namun Pyongyang telah mengabaikan denuklirisasi. Ruang politik bagi kesepakatan AS-Korea Utara yang lebih terbatas dan kredibel telah menyusut drastis,” tambahnya.

Trump meninggalkan KTT di Hanoi setelah menolak tawaran Kim untuk membongkar fasilitas nuklir Yongbyon dengan imbalan keringanan sanksi.

Pembicaraan nuklir antara AS dan Korea Utara masih terhenti sejak tahun 2019 meskipun pemerintahan Biden menyerukan agar Pyongyang kembali berdialog.

Dalam pernyataan KCNA yang sama yang menolak upaya Trump, Korea Utara menyatakan ketidakpuasannya atas kehadiran sejumlah FA-18 Super Hornet AS di Pangkalan Angkatan Udara Suwon untuk latihan bersama dengan Korea Selatan yang akan berlangsung akhir musim panas ini. Latihan itu dimulai pada hari Selasa.

Seruan Washington untuk berdialog dalam konteks ini adalah “upaya jahat” dan “perpanjangan konfrontasi,” kata Korea Utara. [ab/ps]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG