Tautan-tautan Akses

Media: AS Tingkatkan Kewaspadaan di Sejumlah Pangkalan Militer di Eropa


Sejumlah anggota militer AS berjalan di pangkalan militer AS di Grafenwoehr, Jerman, pada 11 Maret 2022. (Foto: Reuters/Andreas Gebert)
Sejumlah anggota militer AS berjalan di pangkalan militer AS di Grafenwoehr, Jerman, pada 11 Maret 2022. (Foto: Reuters/Andreas Gebert)

Amerika Serikat telah menaikkan tingkat kewaspadaan di beberapa pangkalan militernya di Eropa ke level tertinggi kedua, kata laporan beberapa media AS pada Minggu (30/6).

Kewaspadaan di pangkalan AS di seluruh Eropa, naik ke tingkat siaga "Charlie", lapor ABC News dan CNN. Kedua stasiun TV itu mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya.

Tingkat itu ditetapkan jika "terjadi insiden atau informasi intelijen yang menunjukkan kemungkinan adanya tindakan teroris atau yang menarget personel atau fasilitas," kata Angkatan Darat AS di situs webnya.

Tingkat tertinggi, "Delta," diterapkan jika serangan teroris telah atau "akan segera terjadi."

Ketika dihubungi kantor berita AFP, Komando AS Eropa (USEUCOM) tidak mengonfirmasi perubahan status itu, tetapi mengatakan: "kami tetap waspada."

Sementara itu Pentagon mengatakan bahwa "karena kombinasi berbagai faktor yang berpotensi berdampak pada keselamatan dan keamanan anggota militer AS dan keluarga mereka di kawasan Eropa, Komando AS Eropa melipatgandakan upayanya untuk menekankan kewaspadaan selama bulan-bulan musim panas."

Departemen Luar Negeri kini menyarankan warga AS di Jerman, tempat USEUCOM bermarkas, agar meningkatkan kewaspadaan akan kemungkinan serangan teroris.

Meski tidak menyebut ancaman spesifik, negara-negara Eropa telah meningkatkan kewaspadaan sejak Maret lalu setelah beberapa orang bersenjata menewaskan hampir 150 orang di luar Moskow. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Prancis juga meningkatkan kewaspadaan menjelang Olimpiade Paris. Jerman meningkatkan kewaspadaannya karena negara itu kini sedang menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Internasional, Euro 2024. [ka/ns]

Forum

XS
SM
MD
LG