Tautan-tautan Akses

Menteri Luar Negeri AS-China Bahas Hubungan Kedua Negara


Kombinasi foto yang menunjukkan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri China yang baru Qin Gang. (Foto: AFP)
Kombinasi foto yang menunjukkan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri China yang baru Qin Gang. (Foto: AFP)

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken, pada Minggu (1/1), berbicara melalui telepon dengan mitranya, Menteri Luar Negeri China Qin Gang, yang sebelumnya menjabat sebagai duta besar untuk Amerika Serikat dan pekan lalu ditunjuk sebagai menteri luar negeri China yang baru.

Blinken mencuit di Twitter bahwa ia membahas hubungan AS-China dan mempertahankan jalur komunikasi terbuka dengan dengan negara itu.

China, pada Jumat (29/12) lalu menunjuk Qin, yang sebelumnya menjabat sebagai duta besar untuk Amerika Serikat dan pembantu kepercayaan Presiden Xi Jinping, sebagai menteri luar negeri yang baru. Penunjukan ini terjadi ketika Washington dan Beijing sedang berupaya menstabilkan hubungannya.

Qin, yang berusia 56 tahun, menggantikan Wang Yi, yang telah menjadi menteri luar negeri selama sepuluh tahun terakhir. Wang, yang berusia 69 tahun, dipromosikan ke dalam Politbiro Partai Komunis China pada Oktober lalu dan diperkirakan akan memainkan peran lebih besar dalam kebijakan luar negeri China.

Qin, menjabat sebagai duta besar di Amerika Serikat selama 17 bulan; sementara pendahulunya berdinas selama delapan tahun. Meskipun demikian Qin, yang menjabat saat hubungan kedua negara memburuk, menyatakan optimisme mengenai hubungan AS-China. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG