Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Tawarkan Gencatan Senjata sepihak kepada Taliban


Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani berbicara di Kabul (foto: dok).
Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani berbicara di Kabul (foto: dok).

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mendeklarasikan gencatan senjata tiga bulan dengan Taliban dalam siaran televisi Minggu (19/8), tetapi mengatakan gencatan senjata akan dilanjutkan hanya jika para pemberontak melakukan hal serupa.

Pengumuman itu menyusul minggu berdarah di Afghanistan dengan Taliban melancarkan serangan besar-besaran terhadap ibukota provinsi Ghazni.

Antisipasi telah meningkat menjelang pidato Ghani setelah muncul sinyal yang simpang siur dari istana kepresidenan mengenai apakah pemerintah akan menawarkan gencatan senjata baru, menyusul gencatan senjata singkat, belum pernah terjadi sebelumnya awal tahun ini.

"Saya sekali lagi mengumumkan gencatan senjata mulai besok sampai Maulid Nabi asalkan Taliban menerimanya," kata Ghani, mengacu pada Maulid Nabi Muhammad yang dirayakan di Afganistan pada 21 November.

Ghani mengatakan pemerintahannya menghapus "semua rintangan" menuju perdamaian dengan pengumuman itu setelah berkonsultasi dengan para ulama, partai politik dan kelompok masyarakat madani. [as]

Recommended

XS
SM
MD
LG