Tautan-tautan Akses

Wabah Salmonella Terkait Buah Melon Irisan Sebabkan 60 Orang Jatuh Sakit di Kawasan Midwest


Foto irisan semangka yang diambil pada tanggal 18 Juli 2011 di Concord, N.H. (Foto: dok.)
Foto irisan semangka yang diambil pada tanggal 18 Juli 2011 di Concord, N.H. (Foto: dok.)

Otoritas kesehatan menyatakan wabah salmonella yang terkait dengan irisan buah melon telah membuat 60 orang jatuh sakit di lima negara bagian Midwest.

Centers for Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS) menyatakan Caito Foods LLC hari Jumat telah menarik semua semangka, melon dan campuran buah yang mengandung semangka atau melon yang diproduksi di pabriknya di Indianapolis.

CDC menyatakan lima negara bagian di mana banyak orang yang jatuh sakit adalah Illinois, Indiana, Michigan, Missouri, dan Ohio. CDC menyatakan buah-buahan tersebut juga didistribusikan di toko-toko di Georgia, Kentucky, dan North Carolina. Buah-buahan tersebut dijual di kemasan plastik di jaringan supermarket Costco, Jay C, Kroger, Payless, Owen’s, Sprouts, Trader Joe's, Walgreens, Walmart dan Whole Foods/Amazon.

Otoritas kesehatan mendesak pembeli untuk membuang buah-buahan itu atau mengembalikan buah-buahan yang ditarik dari peredaran.

CDC menyatakan 31 orang yang jatuh sakit telah dilarikan ke rumah sakit, namun sejauh ini dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat wabah ini. Mereka yang jatuh sakit menderita gejala-gejala diare, demam, dan kram perut 12 hingga 72 jam setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut. Penyakit ini seringkali dapat bertahan antara empat hingga tujuh hari. [ww/dw]

XS
SM
MD
LG