AS Buka Kedutaan Besar di Yerusalem di Kapling yang Aneh Bentuknya

Gambar yang diambil tanggal 11 Mei 2018 menunjukkan komplek konsulat AS di Yerusalem, yang akan menjadi lokasi Kedutaan Besar AS, di warnai dengan poster-poster yang menyanjung Presiden AS yang tergantung di jalan (foto: AFP Photo/Thomas Coex)

Daerah di Yerusalem yang disebut "No Man's Land" adalah lokasi dari Kedutaan Besar Amerika yang baru. Ini merupakan daerah dengan denah yang aneh akibat pembagian tanah ketika konflik Arab Israel berlangsung, dan berasal dari awal pertikaian itu pada 1948.

Amerika akan meresmikan kedutaannya Senin, di kompleks konsuler di sudut barat daya "No Man’s Land” dan berbentuk sebuah sisi lima seperti yang ditampilkan dalam peta pemerintah Amerika maupun peta Google.

Zona itu pertama kali muncul di peta pada Mei 1948 dalam bentuk yang jauh lebih kecil. Pada intinya adalah sebuah kompleks yang dikenal sebagai Government House, dibangun pada 1933 serta berfungsi sebagai kantor dari Komisaris Tinggi Inggris yang memerintah Palestina pada waktu itu.

Ketika Inggris mengakhiri pemerintahannya di Palestina pada 14 Mei 1948, bangunan itu diserahkan kepada Palang Merah. Daerah ini dulu dimaksudkan sebagai tempat berlindung bagi pengungsi dari perang yang meletus 14 Mei, ketika Israel menyatakan kemerdekaan dan negara-negara Arab menyatakan perang untuk menghancurkan negara Yahudi. [ps/jm]