DPR Amerika Loloskan RUU Pertahanan

DPR Amerika meloloskan RUU Pertahanan bernilai 716 milyar dolar, hari Kamis (27/5).

DPR Amerika hari Kamis (27/5) meloloskan RUU Pertahanan bernilai 716 milyar dolar yang antara lain juga akan mengekang investasi modal China di Amerika, dan melarang pemerintah Amerika menggunakan teknologi buatan perusahaan-perusahaan Telekom China yang besar.

RUU yang disebut UU Otorisasi Pertahanan Nasional John. S. McCain disahkan dengan perbandingan suara 359 lawan 54. RUU itu harus disahkan oleh Senat Amerika sebelum ditandatangani Presiden menjadi Undang-Undang.

Walaupun RUU itu akan memberikan kekuasaan lebih besar kepada pemerintah Amerika dalam mengatur kontraknya dengan perusahaan Telekom China ZTE dan Huawei karena alasan keamanan nasional, pembatasan-pembatasan yang disebutkan di dalamnya jauh lebih lemah dari rancangan semula.

RUU itu juga memperkuat kedudukan Komite Penanaman Modal Asing di Amerika, yang akan mengawasi penanaman modal asing, untuk memastikan modal asing itu tidak akan membahayakan keamanan nasional.

RUU itu akan diajukan ke Senat hari Selasa depan.

Ketua Komisi Angkatan Bersenjata DPR Mac Thornberry mengatakan apabila Senat mengesahkan RUU itu, maka ini akan menjadi proses otorisasi UU pertahanan yang paling cepat dalam 41 tahun terakhir. [ii]