Greenpeace Berusaha Hentikan Pengangkutan Limbah Nuklir di Belanda

Salah satu protes para aktivis lingkungan di Eropa terhadap limbah nuklir (foto: ilustrasi).

10 aktivis dari kelompok Greenpeace merantai diri pada rel kereta api di Belanda, untuk menghambat kereta yang membawa limbah nuklir PLTN setempat.

Para aktivis dari kelompok pemerhati lingkungan Greenpeace merantai diri pada rel kereta api di Belanda, untuk menghambat kereta yang membawa pengiriman limbah nuklir dari PLTN di sana ke fasilitas pemrosesan ulang nuklir di Perancis.

Greenpeace mengatakan 10 pemrotes berupaya menghentikan kereta itu hari Selasa ketika kereta itu berangkat dari PLTN Borssele di provinsi Zeeland, Belanda melewati Belgia menuju fasilitas dekat kota La Hague di Perancis utara.

Para pendemo mengatakan kiriman itu membawa radioaktif yang sama banyaknya seperti yang bocor dalam bencana nuklir Fukushima di Jepang. Para aktifis itu ditangkap dan kereta itu kemudian melanjutkan perjalanannya.

Pengiriman itu telah disetujui pengadilan-pengadilan Belgia setelah dewan kota Ghent berusaha menghentikannya. Kiriman itu adalah yang pertama meninggalkan Belanda dalam enam tahun dan 10 pengiriman lagi dijadwalkan akan dilakukan dalam dua tahun mendatang.