Istana Buckhingham: Ratu Elizabeth II Dirawat di Rumah Sakit untuk Jalani Pemeriksaan

Ratu Elizabeth menghadiri peluncuran tongkat estafet Commonwealth Games, di luar Istana Buckingham di London, Inggris 7 Oktober 2021. (Foto: Victoria Jones via REUTERS)

Istana Buckingham, Kamis (21/10), mengatakan Ratu Elizabeth II berada di rumah sakit selama satu malam untuk menjalani uji medis, setelah terpaksa membatalkan kunjungan ke Irlandia Utara minggu ini.

“Mengikuti saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari, Ratu pada Rabu (20/10) sore pergi ke rumah sakit untuk mengikuti beberapa pemeriksaan awal, dan kembali ke Kastil Windsor pada Kamis (21/10) saat makan siang, dan tetap berada dalam semangat yang baik,” demikian petikan pernyataan kerajaan itu.

Kantor berita Press Association mengatakan tidak ada pengumuman ketika Ratu pergi ke rumah sakit karena diperkirakan pemeriksaan awal itu berlangsung singkat, dan sekaligus untuk menghormati privasi ratu berusia 95 tahun itu. Menginap semalam di rumah sakit adalah demi “alasan praktis” semata, tambah pernyataan itu.

Ratu Elizabeth II Inggris berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, kanan, pada resepsi Global Investment Summit di Windsor Castle, 19 Oktober 2021. (Foto: Arthur Edwards via AP)

Ratu Elizabeth II diperiksa oleh tim spesialis di RS King Edward VII di jantung Kota London, di mana mendiang suaminya, Pangeran Philip, dirawat selama empat minggu karena penyakit jantung yang dideritanya.

Philip, yang menikah dengan Ratu Elizabeth selama 73 tahun, meninggal dunia pada April 2021, hanya beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-100.

Ratu Elizabeth II, yang telah naik takhta sejak tahun 1952 dan menjadi pemimpin terlama di Inggris, dilaporkan telah kembali bertugas pada Kamis (21/10) siang.

Ratu dijadwalkan menghadiri kebaktian ekumenis di kota perbatasan Armagh, yang menandai 100 tahun berdirinya Irlandia Utara.

BACA JUGA: Polisi Inggris: Tak Ada Tindakan Lebih lanjut Atas Tuduhan Pelecehan Seksual Pangeran Andrew

Pihak Istana Buckingham pada Rabu (20/10) pagi mengatakan Ratu “enggan menerima saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari ke depan.”

Keputusan itu tidak terkait virus corona, dan ia dikatakan telah beristirahat di kediamannya di Kastil Windsor, di bagian barat London.

Ratu Elizabeth II, bersama sejumlah anggota senior kerajaan itu, diharapkan akan mengikuti serangkaian acara terkait KTT Iklim di Glasgow bulan depan.

BACA JUGA: Para Pelayat Kenang Pangeran Philip di Windsor

Pekan lalu ia tampak menghadiri acara besar dengan menggunakan tongkat, tetapi pejabat-pejabat kerajaan mengatakan hal itu tidak terkait dengan kondisi kesehatan tertentu.

Namun kabar bahwa ia tinggal satu malam di rumah sakit meningkatkan kekhawatiran atas kondisi kesehatannya, melihat faktor usia yang sudah sepuh. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan apakah sebaiknya ia mengurangi aktivitasnya.

Tahun depan Ratu Elizabeth II akan merayakan Platinum Jubilee yang menandai 70 tahun ia bertakhta. [em/lt]