Korea Utara dan Korea Selatan Adakan Pembicaraan di Panmunjom

Ri Son Gwon, ketua Komite Reunifikasi Damai Korea Utara (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Unifikasi Korea Selatan Cho Myoung-gyon sebelum pertemuan di Panmunjom, Senin (15/10).

Korea Utara dan Korea Selatan hari Senin (15/10) mengadakan pembicaraan tingkat tinggi di zona demiliterisasi yang dijaga ketat.

Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon memimpin delegasi beranggotakan lima orang dari Korea Selatan ke Panmunjom. Tim Korea Selatan disambut oleh Ri Son Gwon, ketua Komite Reunifikasi Damai, yang memimpin kontingen Korea Utara.

Dalam pembicaraan hari Senin itu, kedua negara sepakat memulai proyek bersama untuk memodernisasi dan menghubungkan kereta api dan jalan raya sebelum akhir tahun.

Mereka juga setuju untuk mengadakan pembicaraan Palang Merah di tempat tujuan wisata Gunung Kumgang di Korea Utara pada bulan November terkait dengan keluarga-keluarga yang terpisah dari Perang Korea.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam pertemuan ketiga mereka bulan September setuju untuk mengintensifkan kerja sama lintas batas dan untuk menggalakkan berbagai program untuk mewujudkan era perdamaian di semenanjung Korea yang tanpa senjata nuklir. [lt]