Para Pemimpin Pertahanan AS dan Filipina Bertemu di Pentagon

Plt. Menhan AS, Patrick Shanahan, menyambut Menhan Filipina, Delfin Lorenzana, dalam sebah upacara di Pentagon, Washington, D.C., 1 April 2019 (foto: AP Photo/Manuel Balce Caneta)

Pejabat sementara Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan menyambut mitranya dari Filipina di Pentagon pada hari Senin.

Patrick Shanahan, Pejabat sementara Menteri Pertahanan AS menyatakan kegembiraannya dengan kehadiran mitranya Delfin Lorenzana yang menindak lanjuti kunjungan Menlu Mike Pompeo. Shanahan juga menegaskan hubungan kuat kedua negara.

"Ada kerja sama pertahanan, peluang-peluang antara kedua negara kita, ada peluang untuk memerangi terorisme bersama. Saya menantikan pembicaraan yang sangat produktif hari ini," kata Shanahan.

Menteri Pertahanan Nasional Filipina Delfin Lorenzana menyampaikan hal yang sama dan menekankan perlunya mengkaji kepentingan bersama "Hal ini dimungkinkan dengan keterlibatan erat selama bertahun-tahun untuk tetap beraliansi dan tanggap atas tantangan yang kita hadapi. Untuk mempertahankan momentum ini, kita perlu terus mengkaji ketentuan-ketentuan kita, guna memastikan kepentingan kita bersama."

Pertemuan itu dilakukan sementara pasukan AS dan Filipina secara resmi membuka latihan Balikaten

Latihan militer tahunan itu akan melibatkan 7.500 personil Amerika dan Filipina.

Balikatan, yang artinya "bahu-membahu," bertujuan meningkatkan koordinasi angkatan bersenjata kedua negara, dengan memusatkan perhatian pada penanggulangan bencana dan anti terorisme. [my]