Roket AS Hantam Markas Pemimpin Taliban di Afghanistan Selatan

Militan Taliban naik sepeda motor di lokasi yang dirahasiakan di Afghanistan (foto: ilustrasi). Roket AS menghantam sebuah pusat komando pemberontak Taliban di provinsi Helmand, Afghanistan, Kamis (24/5).

Militer AS mengatakan telah menyerang sebuah pusat komando pemberontak dengan roket yang ditembakkan dari darat, di provinsi Helmand, Afghanistan.

Sebuah pengumuman resmi militer Amerika mengatakan, serangan Kamis (24/5) di distrik Musa Qala itu dilakukan Satuan Tugas Barat Daya Militer AS. Pengumuman itu tidak merinci kerusakan yang diakibatkan oleh serangan tersebut.

Pengumuman itu mengatakan, bangunan yang diserang itu dikenal sebagai lokasi pertemuan para pemimpin terkemuka Taliban, di mana mereka merencanakan dan memfasilitasi serangan-serangan terhadap Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan, yang mendukung pengamanan pemilu di kawasan tersebut.

Brigadir Jenderal Korps Marinir AS Benjamin Watson. Komandan Satuan Tugas Baratdaya, mengatakan, serangan seperti itu tidak hanya melemahkan operasi Taliban tapi juga memberi mitra-mitra Afghanistan kemampuan untuk terus mempertahankan tekanan terhadap musuh yang melemah.

AS mengerahkan misi militer ke Helmand April 2017 untuk melatih, memberi nasihat dan membantu pasukan militer dan polisi Afghanistan dalam memerangi Taliban di provinsi terbesar di negara itu, di mana kebanyakan distriknya dikontrol atau diperebutkan para pemberontak.

Akun-akun media sosial yang terkait dengan Taliban mengklaim bahwa serangan Amerika itu menghantam pasar yang ramai di Musa Qala. [ab/uh]