Tautan-tautan Akses

Mesir Serukan Pertemuan Darurat Arab atas Serangan Turki ke Suriah


Konvoi militer Turki memasuki perbatasan Suriah utara hari Rabu (9/10).
Konvoi militer Turki memasuki perbatasan Suriah utara hari Rabu (9/10).

Mesir menyerukan kepada Liga Arab untuk mengadakan pertemuan darurat atas serangan Turki ke Suriah, demikian yang dikatakan kementerian luar negeri hari Rabu (9/10).

Dalam sebuah pernyataan, kementerian tersebut mengatakan "Mesir mengutuk keras agresi Turki di wilayah Suriah," dan menambahkan bahwa serangan tersebut " merupakan serangan secara terang-terangan dan tidak dapat diterima terhadap kedaulatan negara Arab yang bersaudara."

Turki melancarkan operasi militer terhadap pejuang Kurdi di bagian timur laut Suriah hari Rabu, hanya beberapa hari setelah pasukan AS ditarik dari daerah itu.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan, tujuannya adalah untuk menghapus apa yang disebutnya sebagai "koridor teror" di perbatasan selatan Turki, tetapi negara-negara Eropa meminta Turki untuk menghentikan serangannya.

Turki telah siap memasuki timur laut Suriah sejak pasukan AS, yang selama ini sudah berperang melawan ISIS bersama pasukan pimpinan Kurdi, mulai meninggalkan Suriah atas perubahan kebijakan secara mendadak oleh Presiden Amerika Donald Trump. (ps/aa)

XS
SM
MD
LG