Trump Setuju dengan Keberatan Kim Jong-un soal Latihan Militer AS-Korsel

Presiden AS Donald Trump menunjukkan surat dari Kim Jong-un dalam rapat kabinet di Gedung Putih, 2 Januari 2019 (foto: dok).

Tidak lama setelah para pemimpin tinggi militer Amerika dan Korea selatan menyatakan akan bekerja sama dalam berbagai isu yang dihadapi Asia, Presiden Trump menyatakan setuju dengan keberatan Kim Jong-un tentang latihan militer Amerika-Korea selatan itu.

Ketika berbicara kepada wartawan di Gedung Putih hari Jumat, Trump mengatakan ia menerima “surat yang sangat indah” dari Kim Jong-un yang mengatakan bahwa ia “tidak senang dengan latihan perang-perangan itu.”

Kemudian Trump menambahkan: “Saya juga tidak senang dengan latihan (militer) itu.”

Kim Jong Un menjelaskan dalam suratnya, bahwa latihan militer (gabungan AS-Korsel) yang sedang diadakan itu adalah sebab utama mengapa ia melancarkan percobaan peluncuran rudal.

BACA JUGA: Korut Kembali Peringatkan Korsel dan AS dengan Uji Misil

Selanjutnya, Trump mengatakan bahwa ia mungkin akan bertemu lagi dengan Kim untuk mengusahakan penghentian program nuklir Korea utara, tapi tidak mengatakan kapan dan di mana.

Hanya beberapa jam sebelumnya Menteri Pertahanan Amerika yang baru, Mark Esper mengatakan Amerika dan Korea Selatan punya visi yang sama tentang Semenanjung Korea yang aman. (ii)