Tautan-tautan Akses

Menhan AS Terima Menhan Ukraina Menjelang KTT NATO


FILE - Menteri Pertahanan Lloyd Austin (kanan), menyambut Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov (kiri) di Pentagon, Washington, D.C., 6 Desember 2023.. (AP/Kevin Wolf)
FILE - Menteri Pertahanan Lloyd Austin (kanan), menyambut Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov (kiri) di Pentagon, Washington, D.C., 6 Desember 2023.. (AP/Kevin Wolf)

Menteri Pertahanan Amerika Lloyd Austin, Selasa (2/7) dijadwalkan menjadi tuan rumah pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Ukraina Rustern Umerov, dalam sesi yang menurut Pentagon akan menunjukkan dukungan Amerika bagi keamanan Ukraina.

Pembicaraan ini berlangsung sepekan sebelum Amerika menjadi tuan rumah KTT NATO, di mana dukungan militer bagi Ukraina dalam perangnya melawan Rusia akan menjadi agenda utama.

“Menteri Austin dan Menteri Umerov akan membahas kerja sama pertahanan bilateral, isu-isu keamanan regional dan berbagai cara untuk memperkuat kemitraan pertahanan antara AS dan Ukraina,” kata deputi juru bicara Pentagon Sabrina Singh kepada wartawan, Senin (1/7).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan Andriy Yermak, Kepala Staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, pada hari Selasa.

Amerika sejauh ini merupakan pendukung terbesar Ukraina dalam kurun dua tahun lebih sejak Rusia melancarkan invasi besar-besarannya.

Bantuan militer Amerika kembali mengalir untuk pasukan Ukraina setelah terhenti selama beberapa bulan di tengah-tengah kebuntuan politik di Kongres AS.

Zelenskyy mengatakan dalam pidato melalui video pada Senin malam bahwa ia berharap bulan ini akan “membawa lebih banyak lagi kekuatan bagi Ukraina, terutama dalam melindungi angkasa kita dan mencapai keamanan yang nyata bagi negara kita.”

“Senjata jarak jauh, jet-jet tempur untuk Ukraina, dengan kualitas dan jumlah yang memadai, dan lebih banyak sistem pertahanan udara, merupakan faktor-faktor penting yang mempengaruhi keseluruhan arah perang ini,” kata Zelenskyy.

Serangan udara harian Rusia dengan rudal dan drone terhadap kota-kota Ukraina telah mendorong Zelenskyy untuk meminta lebih banyak sistem pertahanan rudal dan berupaya mempercepat pengiriman jet-jet tempur untuk digunakan pasukan Ukraina.

Ukraina juga berupaya untuk meningkatkan produksi drone di dalam negerinya, dan telah melancarkan serangan udara sendiri, terutama yang menargetkan daerah-daerah di sepanjang perbatasan Ukraina-Rusia.

Sementara itu, kementerian pertahanan Rusia Selasa mengatakan pihaknya telah menembak jatuh empat rudal Ukraina di wilayah Bryansk, empat di Belgorod dan tiga lagi di Krimea yang dikuasai Rusia.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan serangan-serangan di wilayahnya telah melukai dua orang dan merusak sebuah pusat perbelanjaan.

Seorang pejabat Rusia di Krimea melaporkan kerusakan di beberapa rumah dan mobil, tetapi tidak ada laporan mengenai korban luka. [uh/em]

Forum

XS
SM
MD
LG