Politisi Irak akan Bertemu Kembali di Baghdad

Mantan PM Irak Ibrahim Jafari, PM Irak Nouri al-Maliki, Presiden Irak Jalal Talabani and Mantan PM IrakAyad Allawi saat pertemuan di Baghdad, Irak.

Politisi Irak dijadwalkan bertemu kembali pada hari kedua berturut-turut, dalam upaya menyelesaikan perbedaan pendapat.

Politisi Irak dijadwalkan bertemu kembali pada hari kedua berturut-turut, dalam upaya menyelesaikan perbedaan pendapat, dan pada akhirnya membentuk pemerintah baru.

Menurut para pejabat, beberapa politisi terkemuka dijadwalkan bertemu di Baghdad, hari Selasa, satu hari setelah pertemuan di Irbil, kota Kurdi di Irak Utara, gagal menghasilkan terobosan berarti.

Sejak pemilu 7 Maret lalu, rakyat Irak menunggu-nunggu apakah Perdana Menteri Nouri al-Maliki atau saingan utamanya, mantan perdana menteri Ayad Allawi, yang akan membentuk pemerintah koalisi.

Beberapa politisi dikutip mengatakan kedua pihak hampir mencapai kesepakatan perbagian kekuasaan. Yang lainnya menyangkal hal tersebut.

Sementara itu, kekerasan mengakibatkan sedikitnya 12 orang tewas dalam serangkaian ledakan bom mobil, hari Senin, termasuk di antaranya ledakan di Basra, kota Syiah di selatan